Gank Zone Blog? Join Now!
RSS Feed Facebook Twitter

Belajar Dasar-Dasar Web Design

Share or Like on :


Tertarik dengan Web Design? atau hanya sekedar ingin memperdalam ilmu Web Design? Jika Ya, hal pertama yang harus Anda kuasai adalah HTML. Apa itu HTML? HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language sebagai script dasar dalam web design.


Script-script HTML akan membentuk rancangan suatu halaman web yang dipadukan dengan CSS atau Cascade Style Sheet yang memperindah tata letak dari suatu halaman web.


Sebuah halaman web terdiri dari beberapa bagian yaitu diantaranya Header, Content, Sidebar, Footer, dll. Yang membentuk satu kesatuan sehingga tercipta lah sebuah halaman web yang indah.


Header yaitu bagian atas suatu web, biasanya memuat judul web, deskripsi web, navigasi. Content yaitu bagian tengah atau bagian yang memuat isi konten web seperti artikel, berita, dll. Sidebar yaitu bagian samping web yang letaknya berada di samping content, yang fungsinya memuat menu-menu yang tersedia di halaman web seperti menu pencarian, blogroll, kategori produk, dll. Sidebar bisa terdiri dari 2 kolom atau 1 kolom saja. Footer yaitu bagian bawah dari sebuah halaman web yang biasanya memuat hak cipta dan tentang pemilik web.


Selain Anda harus mengerti dasar-dasar HTML, Anda juga wajib menguasai CSS yang fungsinya memperindah tampilan halaman web. Untuk lebih jelas mengenai HTML klik di sini, untuk CSS klik di sini.


Untuk memfungsikan web Anda menjadi web yang dinamis dan selalu update, Anda perlu menyisipkan script-script PHP supaya web tersebut bisa Anda olah menjadi web dinamis. Seperti membuat web perusahaan, web toko online, web bisnis, web sekolah, dll.


Tetapi sekarang dengan hadirnya CMS atau Content Management System akan memudahkan Anda dalam membuat web. Dalam hal ini, meskipun Anda tidak mengerti sama sekali tentang bahasa pemrograman web, Anda dapat mendesain web yang professional dengan CMS. Dengan CMS Anda hanya perlu mengisi konten web saja, sedangkan untuk masalah desain web dan lain nya sudah siap jadi. Contoh CMS diantaranya yaitu : Joomla, Wordpress, Drupal, Moodle, dll.


Jadi untuk membuat website dinamis yang indah dan kaya dengan konten, Anda harus menguasai bahasa pemrograman web, diantaranya yaitu : HTML, CSS, PHP, dan bila Anda ingin web yang Anda buat menjadi lebih interaktif lagi, Anda harus menguasai javascript sebagai bahasa aplikasi interaktif.


Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan mengenai web design. Apabila ada kata-kata yang kurang mohon dikasih saran. Maklum saya juga masih dalam proses belajar dalam dunia web. Semoga info yang saya berikan bermanfaat bagi Anda terlebih bagi saya pribadi... Amin.




2 komentar

Minggu, 23 Desember, 2012

Apakah anda seorang yang ingin belajar web design di lombok? atau anda seorang blogger yang pengen nambah penghasilan dari membuat web?

Terimakasih Bentang Design atas Komentarnya di Belajar Dasar-Dasar Web Design
Sabtu, 24 Mei, 2014

Nice article and great knowledge. Thanks for the share. I love this story and enjoy with your words!
Web Design Altoona

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Belajar Dasar-Dasar Web Design

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini dengan baik dan sopan. Jadilah Top Komentator Untuk Mendapatkan Backlink Gratis!!!

 
© Copyright 2012 - Gank-Zone Blog. Powered by Blogger.com and Gank-Zone
Gank Zone Blog