Gank Zone Blog? Join Now!
RSS Feed Facebook Twitter

5 Alasan Mengapa Anda Harus Format Komputer Anda

Share or Like on :


Banyak pengguna komputer yang bingung untuk memformat komputer atau tidak jika terjadi masalah pada PC. Mengapa harus format komputer jika terjadi kesalahan banyak orang yang masih bingung. Akan tetapi jika terjadi kesalahan tidak harus memformat komputer. Pada dasarnya, format komputer berarti memformat hard drive karena setiap file yang terdapat pada komputer yang ada dalam drive itu. Sistem Komputer baru yang baru saja dibeli biasanya sudah diformat dan dipartisi.


Setiap Toko Komputer biasanya sudah menyiapkan komputer yang siap untuk dipakai. Cukup jelas, format adalah prosedur mempersiapkan hard drive yang akan digunakan dan menghapus semua konten yang sudah ada di dalamnya. Dapat diartikan pula format komputer yaitu mengosongkan seluruh isi hard disk untuk diisi data yang baru lagi. Komputer yang masih baru harus diformat untuk dipasang Sistem Operasi yang baru.


Namun, untuk memformat komputer, Anda harus pikir-pikir dulu alasan mengapa Anda harus memformat komputer Anda. Karena data-data yang ada pada drive komputer akan terhapus semua oleh proses format.


Berikut ini saya paparkan 5 alasan mengapa Anda harus Format komputer Anda :


1. Komputer Anda Tidak Berjalan

Jika terjadi kesalahan biasanya orang langsung memformat komputernya tanpa pikir panjang, hal ini dikarenakan kerusakan komputer yang parah sehingga tidak bisa digunakan dan akhirnya diformat juga.


Salah satu penyebab komputer tidak berjalan yaitu Registry. Windows Registry merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah komputer karena berisi semua opsi konfigurasi dan setting dari sistem operasi. Komputer Anda mungkin tidak berjalan karena serangan virus atau beberapa perubahan lain dalam konfigurasi, kemungkinan bahwa sistem tidak akan start up atau booting karena sistem operasi tidak dapat dimuat. Dalam situasi ini, komputer restart saat membuka layar Windows atau bahkan menolak untuk pergi lebih jauh dari layar DOS.


Memformat hard drive atau komputer adalah satu-satunya cara untuk membuatnya bekerja. Memformat sistem menghapus semua file dan kesalahan dan mengembalikan komputer ke keadaan kosong. Hal ini hampir selalu diikuti dengan instalasi sistem operasi yang berarti bahwa pengguna akan dapat menggunakan sistem baru. Mungkin komputer Anda memiliki layar hitam dan tidak akan mulai. Kadang-satunya pilihan Anda adalah untuk format.


2. Hard drive Anda sudah penuh

Ketika hard drive diisi dengan banyak file, setelah beberapa bulan atau tahun bahkan beberapa bekerja pada komputer yang sama, pengguna mungkin menemukan bahwa hard disk telah menjadi berantakan dan tidak ada ruang untuk menambahkan file lagi. Ini kebanyakan terjadi pada individu yang tidak sadar bahwa pemeliharaan komputer ada. Meskipun pencarian manual merupakan pilihan terbaik untuk melihat isi semua data dan menghapus yang tidak diinginkan, orang masih lebih memilih pilihan format karena: Ini adalah cara termudah untuk menghapus semua data yang tidak diinginkan dan menghemat banyak waktu. Ini akan menghapus file yang Anda bahkan tidak tahu ada. Kadang-kadang komputer mungkin diisi dengan banyak file-file sementara yang sulit untuk menemukan dan menghapus. Dalam hal ini, memformat hard drive mungkin jalan keluar yang mudah untuk mendapatkan sistem yang dapat digunakan. Sebelum format hanya untuk membersihkan komputer Anda, pastikan Anda melakukan backup file yang Anda butuhkan pertama.


3. Terlalu banyak kesalahan

Jika ada banyak kesalahan dan masalah virus dalam sistem, masalah ini dianggap sebagai alasan utama untuk mengapa setiap pengguna komputer berpikir tentang format. Virus sebagian besar berasal dari file yang rusak dan mereka dapat ditransfer dengan pergi untuk menyerang situs rentan. Men-download file mencurigakan melalui internet, menggunakan flash drive yang belum discan, atau menghubungkan ke jaringan publik. Virus ini merusak data dan mempersulit bagi pengguna untuk membuka file atau menggunakan sistem dengan benar. Mereka juga mengurangi efisiensi sistem karena mereka mengambil banyak pekerjaan dari CPU yang dapat membuat aplikasi lain jauh lebih sulit untuk bekerja. Format satu-satunya pilihan yang dipandang bekerja dalam keadaan ini karena menghapus semua data pada komputer yang meliputi virus dan file yang telah rusak karena itu. Kadang lebih mudah untuk memformat komputer Anda kemudian mencoba dan menemukan solusi. Memperbaiki kesalahan kadang-kadang dapat mengambil satu hari, ketika format dapat memakan waktu satu jam atau lebih.


4. Untuk meng-upgrade sistem anda

Upgrade sistem operasi adalah sebuah alasan yang baik untuk memformat komputer Anda. Anda mungkin ingin membeli versi upgrade untuk sistem operasi Windows, atau mungkin membeli sistem operasi baru dan lebih lengkap seperti Windows 7 terbaru. Memformat komputer adalah cara terbaik untuk mulai menggunakan Sistem Operasi terbaru Anda.


5. Komputer Anda berjalan lambat

Jika sistem berjalan lambat, mungkin kesalahan yang ada tidak terlihat jelas, tetapi Anda hanya merasa bahwa komputer Anda berjalan lambat. Mudah-mudahan Anda tidak memiliki masalah hardware, format pasti dapat membantu mempercepat komputer Anda. Pada komputer yang sudah lama berjalan, format dilakukan sesering mungkin adalah satu-satunya cara untuk menjaga komputer Anda berjalan cepat dan lancar. Apakah format yang sedang dilakukan karena masalah di komputer atau hanya untuk upgrade sistem, sangat penting untuk membuat cadangan semua data penting di PC. Jika tidak, file akan hilang. Back up sangat mudah dan sistem operasi meminta pengguna untuk membackup file bahkan saat komputer baru saja dibeli karena menghemat waktu dalam keadaan darurat.




1 komentar

Senin, 23 Juli, 2012

link agan ud saya pasang di my blog, pasang juga link saya di blog agan ya,, silakan cek http://riskyes2.blogspot.com

Terimakasih gali potensi atas Komentarnya di 5 Alasan Mengapa Anda Harus Format Komputer Anda

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini dengan baik dan sopan. Jadilah Top Komentator Untuk Mendapatkan Backlink Gratis!!!

 
© Copyright 2012 - Gank-Zone Blog. Powered by Blogger.com and Gank-Zone
Gank Zone Blog