Gank Zone Blog? Join Now!
RSS Feed Facebook Twitter

Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

Share or Like on :


Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

Di zaman yang canggih dan penuh dengan teknologi ini, hampir setiap orang memiliki telepon seluler alias ponsel atau HP, dan hingga kini penggunaan HP terus meningkat pesat. Pada masyarakat modern, HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer, ibarat makanan dan minuman. Namun tak banyak yang mengerti, ternyata penggunaan HP itu sendiri menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan.


Dr. Eka Putra Setiawan, Sp.T.H.T dari bagian Divisi Otologi RS Sanglah mengatakan telepon gengam diciptakan untuk memudahkan manusia berkomunikasi. Namun, kata lelaki kelahiran 15 Juni 1961 ini, banyak efek samping dari penggunaan handphone yang salah. Hal ini berkaitan dengan volume suara dan jarak dengar.


"Semakin HP ditempelkan ke telinga, maka semakin melekat mengenai liang telinga. Efeknya semakin besar yang menyebabkan terjadi peningkatan bunyi atau resonansi, " ujar spesialis T.H.T. tamatan UGM Yogyakarta ini. Semakin lama menggunakan HP, kata Dokter Eka, maka semakin lama bunyi bising yang menyebabkan kelelahan otot. "Menggunakan HP hendaknya bergantian pada telinga kanan dan kiri. Sama halnya dengan olahraga berjalan atau lari. Semakin jauh akan terasa capek dan otot pegal. Ada masanya untuk istirahat bagi otot pendengaran," ujarnya.


Selain itu, lanjut Dokter Eka, perlu diwaspadai efek samping gelombang elektromagnetik yang dipancarkan HP. Radiasi telepon gengam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Ia menyebutkan radiasi HP memancarkan 215 kali perdetik masuk ke sel-sel otak mengenai DNA dalam sel. Tiap HP memancarkan 900 Mhz-1800 Mhz. Untungnya, kata Dokter Eka ini, manusia memiliki sawar darah otak yang melindungi paparan radiasi ini. Jika memungkinkan sebaiknya gunakan peralatan hands-free untuk mendengarkan suara lewat HP. Anak-anak usia dibawah 8 tahun sangat rentan terhadap pancaran radiasi ini, sehingga sangat disarankan belum waktunya menggunakan HP.


Ia menyarankan malam hari sebaiknya HP dimatikan. Jika tetap menyala, sebaiknya diletakkan di luar kamar tidur, agar gelombang elektromagnetik tidak menyerang organ otak manusia. Lapisi HP dengan aluminium agar memroteksi gelombang elektromagnetik. "Efek samping yang ditimbulkan gelombang elektromagnetik ini, sulit tidur, pusing, telinga mendenging, dan daya tahan tubuh menurun," jelasnya.


Untuk mencegah radiasi gelombang elektromagnetik kata Dokter Eka, jangan gunakan HP terlalu dekat dengan liang telinga, berikan jarak secukupnya. Untuk batas jarak masih dalam penelitian dokter Eka. Jangan gunakan HP terlalu lama disamping panas yang disebabkan baterai HP, gelombang elektromagnetik juga memberi efek kurang baik. Makan makanan yang mengandung vitamin untuk saraf seperti B1, B6, B 12 yang banyak terkandung pada kacang-kacangan, tahu, tempe, kacang panjang, taoge.


Untuk mengurangi paparan gelombang elektromagnetik, dapat dipilih HP jenis CDMA dengan frekuensi 125 Mhz, karena radiasinya lebih kecil.


Ia menilai kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone/walkman sudah menjadi trend anak muda. Bahkan tak jarang earphone juga digunakan untuk menerima telepon. "Earphone menempel langsung di liang telinga. Artinya terjadi kelipatgandaan resonansi. Sebagai contoh HP memiliki kebisingan 80 dB (desibel). Jika mengunakan earphone kebisingannya menjadi bertambah 1, 6 kali. Efeknya tentu lebih berat," kata Dokter Eka.


Gejala awal akan muncul keluhan mendenging. Menurut Dokter Eka, saraf di telinga tengah mengeluh memberi respon bahwa adanya gangguan. Jika cepat direspon dengan mengistirahatkan pendengaran, mungkin saja segera dapat pulih kembali. Namun, jika tidak ditangani dengan cepat, maka muncul gangguan pendengaran menetap atau tuli.


Menurutnya ada perbedaan arti mendenging dengan mendengung. Mendenging artinya kebisingan yang mengenai telinga bagian dalam. Jika tidak segera ditangani akibatnya tuli. Sementara mendengung hanya mengenai telinga luar yakni tertutupnya saluran tuba eustakhius karena perubahan tekanan.


Salah satu kasus dampak negatif earphone dituturkan Dokter Eka. Seorang perempuan melakukan perjalanan dari Bangkok ke Jakarta. Dalam pesawat ia mengunakan earphonedari Bangkok hingga tiba di Jakarta selama 3 jam perjalanan. Setibanya di bandara Sukarno Hatta, ia melepas earphone-nya, namun ia tidak dapat mendengar suara. Malah hanya terdengar suara mendenging. Akhirnya dengan terpaksa ia harus menjalani rawat inap selama tiga hari di RS THT Jakarta.


Akhirnya kondisi pendengarannya mulai membaik, namun sayang fungsi pendengarannya tidaklah sebagus sebelumnya. "Ada ketentuan jika tingkat kebisingan lebih dari 100 dB, tidak boleh terpapar lebih dari 2 jam. Lebih dari itu, genderang telinga rusak. Inilah yang dialami gadis itu," jelasnya.


Kebisingan suara mempunyai satuan dB. Batas kebisingan normal adalah 85 dB. Lebih dari itu sudah tergolong bising yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Beberapa contoh penelitian dikutip Dokter Eka seperti kebisingan Jalan Diponegoro Denpasar 80 dB, musik rock 100 dB, suara pesawat dan helikopter 120 dB.


"Suara yang masuk ke telinga ditahan otot-otot kecil di telinga tengah yang memegang genderang telinga, agar tidak bergetar terlalu keras. Kalau ini lolos, dan otot lelah ia akan masuk ke telinga dalam yang mengakibatkan rusaknya sel rambut di dalam telinga dalam yang merupakan organ pendengaran," jelasnya.


Untuk meredam kebisingan, hal yang penting dilakukan adalah mengistirahatkan pendengaran. Dokter Eka sudah melakukan penelitian tentang jam kerja yang baik yakni 6 jam perhari selama 5 hari mulai hari Senin hingga Jumat, dan libur dua hari yakni Sabtu dan Minggu.


Ia menyarankan sepulang bekerja pada malam hari sebaiknya istirahatkan pendengaran. "Jangan lagi menonton TV atau mendengarkan musik. Gunakan hari Sabtu dan Minggu untuk mengistirahatkan pendengaran sehingga hari Senin siap beraktivitas lagi," sarannya.


Pengobatan gangguan pendengaran kata Dokter Eka, disebut periode emas yakni batas waktu tuli dengan pengobatan. Artinya, makin cepat diobati makin baik sehingga tingkat kesembuhannya semakin besar.


Pengobatannya juga tidak mudah karena harus menjalani rawat inap. "Bagian telinga dalam hanya dilalui satu pembuluh darah. Kalau terkena kebisingan pembuluh darah menjadi stres dan menguncup, sehingga telinga dalam tidak ada suplai makanan sehingga obat harus dimasukkan lewat infus. Ini hanya bisa dilakukan dengan rawat inap di RS," ungkap Dokter Eka.


Menurut Dr Imre Fejes, juru bicara tim peneliti konsrnetrasi dan kulaitas sperma pada pria yang terkena radiasi telepon genggam berkepanjangan lebih buruk ketimbang sperma pada pria yang jarang menenteng-nenteng telepon seluler. Penemuan baru saat ini menunjukkan bahwa gelombang radio yang dipancarkan HP bias nerusak struktur DNA manusia.


Penelitian ini dilakukan oleh 12 lembaga reset, 7 diantaranya ada di Eropa selama 4 tahun. 1996, Universitas of Washington, Seattle menemukan bahwa EMR dalam bentuk energi gelombang radio rendah terbukt bias merusak DNA. Kelompok risetb Jerman, Verum mencoba mempelajari efek radiai HP terhadap sel-sel tubuh manusia. Hasilnya sel-sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik seperti pada HP mengalami kerusakan yang signifikan. Bahkan mutasi sel-sel ini bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Pancaran radiasi yang digunakan dalam penelitian berada pada level 0,3-2 watt/kg, sementara pada HP memancarkan sinyal radio atau SAR (Spesifik Absortion Rate) yang berada pada level 2 watt/kg. Beberapa akibat buruk yang biasa terjadi pada tubuh manusia menurut sejumlah penelitian antara lain meningkatkan resiko terkena tumor telinga , kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, mengakibatkan meningioma, neurioma akustik, acoustic melanoma dan kanker ludah.


Sebenarnya semua handphone yang beredar masih bias dkategorikan "aman" karena tingkat SAR-nya masih dibawah 1,6 watt/kg. Meskipun demikian ada beberapa orang yang merasa agak pusing atau telinganya panas setelah menggunakan handphone-handphone yang dikategorikan "aman" tersebut. Jadi yang betul-betul aman (bukan sekedar aman saja) adalah tingkat radasinya dibawah 1 watt/kg. Maka dari itu untuk memisahkan yang "aman" dan yang "betul-betul aman", dibuatlah tabel dibawah ini. Untuk lebih jelasnya lihat pengaruh posisi antenna terhadap resiko kanker otak.


Beberapa institusi juga menyatakan bahwa radiasi dari penggunan HP tidak berbahaya. Dan memang radiasi HP tersebut, yang tergolong gelombang RF, tidak cukup berbahaya. Tapi bukan berarti kemungkinan adanya efek samping tidak ada. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh. Radiasi RF punya kemampuan untuk memanaskan jaringan tubuh seperti oven microwave memanaskan makanan. Dan radiasi tersebut dapat merusak jaringan tubuh, karena tubuh kita tidak diperlengkapi untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang.


Sungguh tragis mendapati bahwa handphone (HP) yang setiap hari kita pakai ternyata memiliki radiasi yang cukup mematikan dalam jangka panjang kita tidak berhati-hati menggunakannya. Yang juga mengejutkan adalah radiasi HP ternyata juga bias dipakai untuk mematangkan sebutir telur seperti microwave.


Untuk membuktikannya, dibutuhkan:

  • 1 butir telur dan 2 HP. Telur diletakkan di tengah-tengah kedua HP.
  • 65 menit percakapan ke 2 HP tersebut.
  • Buktikan!!! Telur tersebut telah matang dan siap dimakan. Otak kita jg akan menjadi matang bila terus menerus ditempelkan pada HP. Otak dan telur sama-sama mengandung jumlah air dan protein.
  • Mulailah panggilan antara kedua HP selama kurang lebih 65 menit
  • 15 menit tidak terjadi apa-apa
  • Setelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit, buktikan sendiri!

Pada HP terdapat istilah transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF (radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.


Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP:

  1. Kanker
  2. Tumor otak
  3. Alzheimer
  4. Parkinson
  5. Fatigue (terlalu capai)
  6. Sakit kepala

Penelitian yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda. Ada yang menyatakan radiasi HP lebih banyak menyebabkan kanker dan kelainan. Ada yang menyatakan bahwa radiasi HP tidak berhubungan dengan kanker. Terlepas dari mana yang benar atau salah tentu kita sebaiknya perlu untuk bersikap waspada dan mengantisipasi.


Tips Mengurangi Efek Radiasi Ponsel :

  1. Gunakan headset atau headphone nirkabel (wireless) dengan emitor bluetooth berdaya rendah.
    Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.
  2. Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci/ 2,5 cm dari tubuh Anda.
    Jangan terlalu sering meletakan hp dekat ginjal, jantung dan kantung celana. bila ponsel melekat seharian di tubuh Anda, letakkan dengan layar menghadap ke dalam. Bila tak digunakan sebaiknya taruh di tas atau dompet.
  3. Jangan simpan ponsel di kantong baju atau celana
    Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil yang bisa dijinjng ke mana-mana. Karena, baru-baru ini ilmuwan Hongaria menyimpulkan, pria yang terlalu sering menyimpan handphone-nya di pinggang atau saku celana akan mengalami masalah kesuburan. Juga bebarapa penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita.
  4. Bila memungkinkan, gunakan ponsel dalam kondisi sinyal terkuat.
    Semakin lemah sinyal, semakin banyak frekuensi radio yang digunakan agar bisa terhubung.
  5. Kirim SMS saja ketimbang menelepon bila memungkinkan.
    Radiasi SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala Anda. Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat telepon.
  6. Jangan simpan ponsel di bawah bantal
    Meski sedang tidak digunakan, ponsel dalam posisi stand by (tetap menyala) masih memancarkan radiasi agar selalu terhubung dengan jaringannya. Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur akan mendekatkannya dengan kepala sehingga otak akan terpapar radiasi sepanjang malam.
  7. Jauhkan ponsel dari bayi dan jauh dari perut jika Anda tengah hamil.
    Otak janin dan bayi paling rentan terhadap radiasi.
  8. Bacalah petunjuk pengguna untuk mengetahui rincian lebih lanjut dan tindakan pencegahan dari bahaya radiasi.
  9. Kurangi menelpon menggunakan HP dalam gedung.
  10. Kurangi atau jauhkan pemakaian untuk anak-anak.
  11. Gunakan hp yang radiasinya dibawah level kelayakan
  12. Gunakan casing (tutup) antiradiasi

Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.


Walau demikian, tak perlu kita merasa cemas secara berlebihan. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel, daya rusaknya tidak sebesar radiasi yang ditimbulkan oleh radioaktif. Tapi, perlu kita pertimbangkan juga bahwa sekecil apapun efek yang kita terima, kalau mengenai secara terus menerus, akan mengakibatkan gangguan yang dahsyat juga nantinya.


(dari berbagai sumber)




38 komentar

Sabtu, 07 April, 2012

wah ternyata hp ada radiasi yang merusak tubuh
untung ndag terlalu sering deket hp

Terimakasih district16 atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Sabtu, 07 April, 2012

Iya pasti berbahaya buat kesehatan sob. Terima kasih sob telah berkunjung.

Anonim
Senin, 09 April, 2012

iiihhh sereeem jg yaaa..
nice share kk :-)

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Selasa, 10 April, 2012

Bagi orang awam emang serem. Terima kasih sob telah berkunjung.

Anonim
Rabu, 11 April, 2012

makasih om infonya

izin sedot
tukeran link om..
www.dolfi.tk

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

ya apmpuuunnnn berbahaya banget...
ok, mau aku coba praktekin pake telornya,
nice share..
senangnya berbagi..
:)

Terimakasih Cara mengobati penyakit kanker payudara atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Anonim
Jumat, 15 Juni, 2012

:) thanks atas infonya,,

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Jumat, 15 Juni, 2012

iya kita harus waspada sob, makasih udah mampir,..

Anonim
Minggu, 24 Juni, 2012

selain menguntungkan Hp jg da dampak negatifna bagi kesehatan manusia...
oya klo qta menghidupkan HP or menggunakan HP d Pertamina Pom Bensin jg bs mengakibatkan kebakaran pd area tsd.

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Meli Ramadhani
Minggu, 24 Juni, 2012

HP bisa memudahkan qta brkomunikasi
HP jg bisa menyebabkan penyakit...
Ada lg yg bs mmbuktikan radiasai HP yaitu:
1 Letakkn pop Corn yg msh mentah diantara 3 buah Hp,diamkn kira2 selama 15 menit,lama klamaan pop corn akn matang,

Radisi Hp yg Palina bsr yaitu Blackberry ( BB ).
itu Informasi yg pernah Q dngr.

Terimakasih Meli Ramadhani atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Jumat, 29 Juni, 2012

@Anonimiya bener sekali apa yang sobat katakan

Jumat, 29 Juni, 2012

@Meli Ramadhanimemang ponsel bisa menguntungkan dan berbahaya bagi manusia

Senin, 23 Juli, 2012

blogwalking gan...:)

Terimakasih live skor update atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Rabu, 01 Agustus, 2012

solusinya???

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Rabu, 01 Agustus, 2012

aku punya solusinya buka link dibawah
http://marketdenny.blogspot.com/

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Senin, 27 Agustus, 2012

keren

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Kamis, 22 November, 2012

heee jadi was was nih setelah baca artikel agan. terimakasih infonya.

http://huwaidblog.blogspot.com

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Selasa, 08 Januari, 2013

kok sebahaya gitu ya???????

Terimakasih syahril43 atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Rabu, 09 Januari, 2013

makasih ya telah berkunjung semuanya

abdan
Rabu, 23 Januari, 2013

ass. trima kasih atas infonya,,,,karna baru saat ini sy tahu bahaw handphone sngat mempengaruhi kshatn........dan bru mengetahui bhaya handphone.........ini satu pljaran brharga dpt pngetahuan tntang hp.....

Terimakasih abdan atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Anonim
Jumat, 25 Januari, 2013

Jual stiker antiradiasi sekaligus penghemat batere HP tekonologi Nano . join here http://antiradiasi.ppckita.com/r/diansusan atau hub:089668912323

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Anonim
Kamis, 18 April, 2013

mhn ijin copi sbagian artikelnya utk blog saya ?trm ksh

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Jumat, 22 November, 2013

seperti 2 mata pisau, selain membantu, tapi diam-diam merugikan kesehatan hmm :/

Terimakasih nana atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Sabtu, 23 November, 2013

bener banget tuh..
informasinya yang sangat bermanfaat

Terimakasih Cara Menyembuhkan Kurang Darah atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Sabtu, 23 November, 2013

ada faktor negatifnya pasti segala sesuatunya mah, apalagi elektronik

Terimakasih wildanun amin atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Jumat, 13 Desember, 2013

ni saya kasih solusi paling tepat dan aman. http://www.indonesu.com

Terimakasih safr atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Senin, 13 Januari, 2014

terimakasih informasinya :)

Terimakasih jatenpos atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Selasa, 18 Februari, 2014

Ngeri juga yah

Terimakasih Vulkanisir atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Minggu, 23 Maret, 2014

Tidak banyak orang yang peduli akan bahaya Radiasi, karna dari sisi Industri Ponsel sendiri sudah mengklaim bahwa yang namanya Radiasi itu tidak bisa dihilangkan, bisa untuk dikurangi,tapi itu adalah tekhnologi yang sangat mahal, dan tidak mungkin mereka gunakan untuk HP yang dijual di pasaran. makanya HP dengan SAR rendah pasti harganya lebih mahal. dan kesalahan dari berbagai anti Radiasi yang ada di pasaran adalah karna mereka mengklaim bisa menurunkan sampai 90% Radiasi, dan itu sudah hal yang tidak mungkin, dengan harga yang bisa dibilang murah dengan hasil yang sangat menakjubkan. ada satu anti Radiasi yang tidak mengklaim bisa menurunkan apalagi menghilangkan Radiasi, karna emang bukan begitu cara kerjanya, cara kerjanya adalah melindungi atau mencegah penyerapan Radiasi oleh sel sel tubuh,jadi intinya adalah melindungi si pemakainya bukan melindungi HP nya. untuk lebih pastinya bisa langsung ke websitenya. http://www.indonesu.com untuk versi Indonesia atau http://www.nesuindo.com untuk versi English.

Terimakasih INDONESU atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Senin, 03 November, 2014

wah bahaya banget tuh, kalo gitu ane pake cara jaman dulu aja kirim merpati ato pake kentongan

Terimakasih bisnis online ptc atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Sabtu, 14 Februari, 2015

Memang berbahaya ya untuk kesehatan ternyata :D

Terimakasih Belajar Ngeblog atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

salam kawan, saya ucapkan terima kasih atas info2 ini, tenks.

Terimakasih alat bantu khusus wanita kesepian atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Selasa, 11 Agustus, 2015

semoga bermanfaat
obat herbal campak
obat herbal vertigo akut
obat herbal paru-paru basah
obat herbal fistula ani

Terimakasih obat herbal campak atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Jumat, 15 Januari, 2016

keren sangat bermanfaat

Terimakasih Jual Kaos Bandung Ezzeti atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Minggu, 07 Februari, 2016

terimakasih sob atas informasinya
mp3cari
mp3ori
mp3sz
laguvideo

Terimakasih Hendra Reborn atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Senin, 16 Januari, 2017

Terimakasih banyak atas artikelnya, kebetulan lagi cari artikel yang begini, mudah mudahan banyak bermanfaat juga buat yang lain.
terimakasih dan salam sehat dan sukses selalu.

Terimakasih NESU Smart Phone Card atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

Betul sekali pak memang tak banyak yang tau tentang bahayanya radiasi dari tlpon sesular (Hp) Radiasi ini berbahaya bagi kita apalagi bagi anak anak di bawah umur dengan article blog bapak ini mungkin masarakat akat tau bagaimana bahayanya radiasi tersebut, dan trimakasih pak memberikan informasi kpada kami semoga hari hari yang akan datang akan memberikan info yang bermanfaat lagi kpada masarakat, sekali lagi terimakasih salam sejahtera

Terimakasih Jual Sex Toys Wanita Terbaru atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan
Senin, 15 Juni, 2020

Obat Kuat Viagra COD Tangerang

Obat Kuat COD Tangerang

Viagra Asli COD Tangerang

Apotik Jual Viagra Obat COD Tangerang

Terimakasih carebetandreas atas Komentarnya di Efek Radiasi HP Bagi Kesehatan

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini dengan baik dan sopan. Jadilah Top Komentator Untuk Mendapatkan Backlink Gratis!!!

 
© Copyright 2012 - Gank-Zone Blog. Powered by Blogger.com and Gank-Zone
Gank Zone Blog