Gank Zone Blog? Join Now!
RSS Feed Facebook Twitter

Cara Mudah Mempelajari PHP

Share or Like on :


Bagi para master-master PHP, mungkin sudah tidak membutuhkan lagi tips-tips cara mudah mempelajari PHP ini. Tetapi di sini saya akan berbagi kepada yang mau mempelajari pemrograman PHP seperti saya ini. Sebelumnya apa itu PHP? PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor yang berjalan pada web server. PHP ini biasanya disisipkan pada halaman web pada file-file HTML.


Berikut ini adalah tips dan triks cara mudah mempelajari PHP :


1. Harus Bisa HTML

Mengapa HTML? Karena HTML merupakan dasar dari sebuah halaman web yang akan membentuk rancangan tampilan suatu web. Tanpa ada HTML maka PHP tidak akan bisa disisipkan.


2. Pahami Fungsi-Fungsi Dasar PHP

PHP harus dipelajari dari dasar dulu supaya lebih enak. Fungsi-fungsi dasar PHP memang bermacam-macam seperti variabel, fungsi struktur kontrol, fungsi looping, fungsi alur perintah, dll. Anda harus kuasai dasarnya dulu.


3. Mengerti Fungsi Alur Program PHP

Maksudnya yaitu pada eksekusi data, data mana yang akan dieksekusi dahulu, kemudian dilanjutkan ke mana dan akan menghasilkan apa. Ini merupakan bagian penting PHP karena semua bagian PHP menggunakan alur program.


4. Banyak-banyak lah Berlatih

Untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan kita dalam PHP, kita membutuhkan banyak latihan untuk meningkatkan kemampuan kita. Apalah gunanya pengetahuan tanpa dicoba dan dipraktekkan. Dengan berlatih sungguh-sungguh, sedikit demi sedikit kemampuan Anda akan meningkat.


5. Jangan Malu Bertanya

Jika Anda mempunyai masalah dengan percobaan PHP yang Anda lakukan, atau Anda merasa kurang puas dengan pengetahuan yang Anda miliki, jangan segan-segan untuk bertanya. Bertanya lah jika Anda ingin bertanya. Apalagi sekarang telah hadir Mbah Google yang siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.


6. Download PHP Manual

Fungsi dari PHP manual ini diibaratkan seperti kamus PHP. Jadi jika sewaktu-waktu Anda lupa fungsi-fungsi PHP, Anda bisa membukanya dan mencari informasi di dalamnya.


7. Tidak Perlu Menghafal Semua Syntax PHP

Syntax PHP yang jumlahnya ribuan tidak mungkin Anda hafalkan satu-satu. Karena PHP juga terus berkembang, maka syntax nya juga akan terus bertambah. Saya juga menyadari bahwa tidak semua orang mau menghafal.


8. Gabung di Forum-Forum Diskusi

Di sini Anda bisa berdiskusi atau bertanya kepada rekan-rekan member forum. Banyak bertanya akan membuat pengetahuan Anda semakin banyak. Tetapi jangan banyak-banyak juga dan jangan berlebihan.


Itulah semua tips dan triks nya. Semoga tips dan triks cara mudah mempelajari PHP tersebut bermanfaat bagi rekan-rekan semua.




3 komentar

Minggu, 25 Maret, 2012

Belajar php itu memang mudah.mungkin yang agak sulit memadukan php dengan my sql.karena selain mempelajari syntax.kita juga blajar database relational. Untuk mempermudah belajar php.intall WAMP. Kemudian dreamweaver. Dengan begitu anda bisa terbantu dalam belajar php.

Terimakasih classhoster atas Komentarnya di Cara Mudah Mempelajari PHP
Jumat, 30 Maret, 2012

Iya gan. Makasih atas kunjungannya.

Kamis, 23 Agustus, 2012

terimakasih guru atas postingnya. saya newbee

Terimakasih djiesoft team atas Komentarnya di Cara Mudah Mempelajari PHP

Posting Komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini dengan baik dan sopan. Jadilah Top Komentator Untuk Mendapatkan Backlink Gratis!!!

 
© Copyright 2012 - Gank-Zone Blog. Powered by Blogger.com and Gank-Zone
Gank Zone Blog